License Plate Recognition Untuk Manajemen Parkir

License Plate Recognition (LPR) adalah sebuah teknologi image-processing yang memanfaatkan kamera dan database, digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan melalui plat nomor. Teknologi ini digunakan untuk tujuan keamanan, ketertiban lalu lintas, dan aplikasi Access Control area parkir kendaraan. GV-LPR dari Geovision bahkan menyediakan kamera khusus LPR yang dapat menangkap nomor plat kendaraan pada kecepatan tinggi, sehingga sangat membantu dalam penegakan hukum dan proses pengusutan tindak kejahatan. Untuk area parkir, solusi ini bermanfaat dalam memberikan keamanan dan jaminan kepada pelanggan dan karyawan serta memudahkan pengelolaan dan efisiensi biaya.

GV-LPR mengaktifkan proses deteksi melalui dua cara. Cara pertama adalah dengan deteksi gerakan, yaitu mendeteksi kendaraan yang melintasi zona kamera dan illuminator. Cara kedua adalah dengan aktivasi I/O (Input/Output), yang segera memicu sistem lalu merekam. Sistem kamera nantinya dapat dengan mudah dipantau lewat modus tampilan Overview dan Picture-in-Picture.

GV-LPR License Plate Recognition

Parking Management & Analysis GV-LPR


Sistem GV-LPR melalui perangkat DSP atau DVR mengenali nomor plat dari video kamera, dan mengirimkan hasilnya ke software GV-ASManager. Akses pintu dapat otomatis diberikan kepada nomor plat yang terdaftar dalam database GV-ASManager ini. Solusi otomatis ini efektif menghemat biaya di banyak gedung seperti perkantoran, penyewaan parkir dan apartemen.

Fungsi database GV-LPR merupakan sistem yang ideal untuk manajemen parkir. Sebagai contoh, manajemen parkir dapat memanfaatkan fungsi database GV-LPR untuk menganalisa tingkat pemanfaatan ruang, menghitung jumlah kendaraan, frekuensi parkir bulanan, atau rata-rata waktu parkir selama masa liburan, hari kerja, di siang hari atau malam hari.

Dengan integrasi sistem POS, GV-LPR akan mengasosiasikan video dengan data kendaraan berupa nomor plat, waktu masuk/keluar, biaya parkir, dan merekam wajah pengemudi dan jenis kendaraannya. Sistem ini sangat membantu untuk mengatasi penipuan tiket, proses penyelidikan dan pengusutan setiap insiden.

GV-LPR menyediakan beberapa Input-Output untuk koneksi ke perangkat eksternal seperti Gate Controller, Loop Detector, atau sistem TITO (Ticket In Ticket Out), serta integrasi ke DVR GV-Series. License Plate Recognition untuk manajemen parkir akan memberi kemudahan dan fleksibilitas sesuai dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan parkir. Contohnya, ketika sistem TITO digunakan dan kamera CCTV dipasang pada tiap area dan lantai parkir, GV-LPR dapat membantu pengemudi menemukan dan mengingat di mana ia memarkir mobilnya melalui tiket yang tercetak.(solusitek)



Cari topik yang diinginkan

solusitekERP