Faktor Penting Memilih Solusi Keamanan Terintegrasi

Solusi keamanan yang terintegrasi harus mencakup pengawasan video camera dan sistem keamanan lainnya seperti intrusion alarm dan access control di dalam satu platform. Sistem keamanan terintegrasi akan semakin diminati karena menawarkan fungsionalitas lebih seperti Smart Analytic Surveillance dan user-intuitif. Saat ini, anda mungkin masih mengadaptasi sistem tersebut secara terpisah. Mereka berdiri sendiri dan belum saling terkoneksi dan berpengaruh satu sama lainnya. Meskipun ini pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi tinggi, namun perkembangan teknologi semakin memungkinkan integrasi sistem keamanan untuk diwujudkan oleh konsultan IT atau system integrator. Beberapa faktor penting memilih solusi keamanan terintegrasi adalah sebagai berikut.

integrated_security_system

Integrated Security System


Interoperabilitas. Alangkah beruntung jika anda dapat menggunakan merk yang sama agar terjamin koneksinya. Namun, banyak penyebab yang membuat anda dihadapkan pada situasi harus memilih merk yang berbeda. Dan jika itu yang terjadi, pilihlah produk yang kompatibel dan dapat bekerja dengan baik dengan perangkat merk lain. Hal ini bisa dicapai dengan arsitektur terbuka atau menggunakan standar yang diterapkan bersama oleh para produsen perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya standar Open Network Video Interface (ONVIF) disepakati untuk memastikan interoperabilitas di seluruh perangkat sistem keamanan. Integrasi memerlukan komitmen dan keahlian para sistem integrator perihal standar protokol dari produk Security System agar dapat bekerja dengan baik untuk kebutuhan pelanggan.

Faktor berikutnya adalah kolaborasi. Perlu memeriksa sebuah merk atau produsen yang memiliki riwayat kolaborasi proyek dengan produsen merk lainnya. Sebuah merk yang baik juga biasanya memiliki partner yang terlibat dalam pengembangan sistem dan aplikasi. Periksalah daftar partner di website produk, apakah partner ini memiliki nama besar dan konsisten di industri security system. Ini akan menjamin pilihan anda adalah produk yang tepat, handal dan siap untuk pengembangan nantinya.

Lalu faktor berikutnya adalah dukungan teknis. Ini artinya, sebuah merk global atau produsen dari luar negeri sekalipun akan mendukung dan siap membantu sistem integrator di Indonesia. Dapat dikatakan sistem integrator merupakan ujung tombak para produsen. Dukungan produsen ke mereka akan menentukan produk mana yang akan diterima oleh pasar. Produsen merk harus siap sedia untuk mendukung keperluan instalasi sistem keamanan yang berbeda-beda kasusnya, dalam hal ini biasanya dukungan garansi, dokumen, firmware, dan referensi teknis kepada system integrator agar sukses melaksanakan proyek instalasinya di pelanggan. Produsen dan system integrator harus memastikan bahwa setiap komponen perangkat secara efektif memainkan peran integral terhadap sistem secara keseluruhan.

Faktor yang terakhir yaitu biaya. Sering ada biaya tambahan dari perangkat yang baru diketahui ketika sistem keamanan harus mengalami penambahan, pengembangan, dan perawatan. Pastikan anda memeriksa hal ini ke pihak konsultan atau system integrator agar anda mendapatkan solusi sistem keamanan terintegrasi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.(solusitek)

Cari topik yang diinginkan

solusitekERP