Tanya Jawab / F.A.Q

Halaman tanya jawab produk dan layanan IT ini disediakan untuk membantu anda mengenal dan memahami hal mendasar inovasi teknologi. Disini kami mencoba menjelaskannya sebagai referensi anda. Semoga bermanfaat.

FAQ SURVEILLANCE SYSTEM
FAQ EMAIL MARKETING
FAQ VoIP IP PBX
FAQ GPS TRACKER


FAQ Surveillance System


Apakah yang dimaksud dengan Standalone DVR ?
Standalone DVR adalah sebuah alat perekam yang sangat mudah digunakan. Dengan alat perekam ini memungkinkan Kamera CCTV anda bisa diakses atau di monitor dari mana saja di seluruh dunia dengan menggunakan kabel telepon, internet dan hand phone yang sudah support GPRS / 3G. Beberapa model terbaru dengan tambahan-fitur, motion detection, remote viewing, MPEG-4 video format, sistem backup yang mudah baik itu ke USB, DVD, CD ROM dan bisa diakses lewat LAN & Internet . Perekam ini bisa terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel yang merekan secara digital ke hardisk dengan menggunakan teknologi motion detection dengan format MPEG-4. Teknologi ini akan terus berkembang.

Apakah yang dimaksud PC based DVR ?
PC-based DVR merupakan alat perekam CCTV di komputer, motherboard, LAN card, video board CPU Hard Drive, memory dan DVR board. DVR board akan menerima video dari kamera yang terpasang dengan bantuan DVR software dari DVR board tersebut.

Apa perbedaan dari Standalone DVR dan PC based DVR?
Karena Standalone DVR dirancang khusus didalam satu circuit board, berdiri sendiri tanpa ditanam di board komputer. Software / program sudah terinstall pada motherboardnya.

Bagaiman cara kerja DVR dengan motion detection?
Prinsip sederhananya, sistem mendeteksi adanya keadaan kurang cahaya, atau pergerakan suatu objek. Keadaan ini membuat perubahan pixel DVR, maka DVR memandangnya sebagai adanya perubahan atau gerakan, lalu memicu perintah untuk merekam.

Berapa lama DVR bisa menyimpan data?
Semua DVR menyimpan data ke Hard Disk secara digital. Setiap Video Frame mempunyai size tertentu (0.5KB to 5KB untuk Standalone DVR dan dari 10KB to 15Kb untuk PC-Base DVR). Satu menit dari video bisa dihasilkan dari 1 gambar digital (1fps) sampai 30 gambar digital(30fps). Gambar video yang sering kita lihat di TV adalah 30fps. Jadi untuk menjawab berapa lama DVR bisa merekam gambar tergantung pada DVR setting. Untuk streaming video kita gunakan 7.5fps ini juga bagus untuk melihat gerakan yang cepat seperti merekam flat kendaraan yang sedang berjalan. Setting 15fps untuk kamera cocok untuk live video recording.

Apakah bisa di monitor di lebih dari satu komputer pada saat bersamaan?
Ya. Komputer lokal berfungsi sebagai komputer “master”. Selain dari komputer master, anda bisa memonitor pada saat bersamaan lewat komputer anda di rumah, lewat laptop atau lewat ponsel pintar via internet. Selain itu juga bisa di monitor oleh semua (atau sebagian) komputer-komputer lain yang satu jaringan LAN dengan komputer master. Jadi, pada saat bersamaan bisa dimonitor di banyak tempat.

Bisakah saya pindah layar dari (4, 8 dan 16) per layar tanpa mengganggu proses recording?
Ya, untuk melihat beberapa camera sekaligus dapat dilakukan dengan mudah dengan remote control atau dengan tombol-tombol yang ada di depan unit.

Jenis line internet apa yang saya butuhkan untuk dapat melihat kamera saya lewat internet?
Untuk dapat melihat kamera via internet dibutuhkan internet berkecapatan tinggi seperti (ADSL, DSL, SDSL, ISDN, T1 or Cable modem) dengan static IP address dari internet provider. Static IP address ini adalah nomor unik di internet sebagai pengenal DVR itu sendiri. Setelah mendapat static IP address dari internet provider, lalu setting DVR anda setelah itu DVR anda sudah online dan dapat dilihat lewat internet.

Bagaimana untuk mem-backup data-data yang saya inginkan saja ?
Semua Standalone DVR kami menyediakan fasilitas backup data dengan mudah. Data bisa direkam langsung ke HDD, CDROM, DVD or USB Drive. Caranya sangat mudah. Lakukan pencarian data berdasarkan waktu dan tanggal terus lakukan backup langsung ke media. Sekarang sudah tersedia Standalone DVR sudah dilengkapi dengan CDROM / DVD Burner.

Bisakah saya merekam suara pada DVR saya?
Semua Standalone DVR yang kami sediakan paling sedikit mempunyai 1 audio input. Sedangkan DVR 16 channel kami dilengkapi dengan 4 channels audio input.

Berapa lama hardisk saya akan penuh dan seberapa sulit untuk mengganti hardisk?
Sangat tergantung pada DVR setting (Basic, High or Best). Dengan kapasitas hardisk yang sama dengan setting DVR “High Quality Image” maka akan mempercepat hard disk menjadi penuh. Sebagai contoh 160GB HDD pada 4 Channel DVR dengan best quality image hardisk cukup untuk 1 minggu. Kemudian image akan secara otomatis di overwrite dari HDD mulai dari image yang terekam paling awal dan begitu seterusnya. Jadi dengan fitur ini tidak perlu kuatir akan kehilangan data hanya karena hard disk anda penuh. Pada standalone DVR, harddisk bisa diganti dengan cepat dan mudah karena hanya ada 2 kabel yang perlu di connect sehingga tidak mungkin akan tertukar. Standalone DVR akan secara otomatis mem-format hard disk dan siap dipakai dalam hitungan detik. Tidak ada software yang perlu di install lagi.

Bagaimana membuat koneksi DVR ke internet ?
DVR dengan sudah dilengkapi dengan ethernet connection di belakang unit. Pasang UTP cable cat-5 ke DSL modem / router dan set IP address. Koneksi DVR ke internet sangat mudah sekali dilakukan apabila sudah mendapat IP Address Public dari internet provider.

Apakah yang dimaksud dengan Video Network Camera atau IP Camera ?
Sebuah IP Network Camera adalah kamera video dengan built-in web server yang dapat dikontrol, dimonitor dan dilihat dari hampir lokasi manapun melalui akses internet kecepatan tinggi.

Bagaimana cara kerja Network (IP) Camera ?
Network Camera memiliki IP address built-in dan fungsi ibarat komputer yang dapat berkomunikasi langsung ke jaringan baik lokal maupun internet. Kamera dapat pula terhubung ke jaringan tanpa kabel (IP Wireless).

Apakah NVR, dan apa bedanya NVR dengan DVR ?
NVR adalah Network Video Recording, yang merupakan perangkat dengan software untuk menyimpan video digital yang berasal dari Network (IP) Camera dan dapat ditempatkan di manapun, karena terhubung melalui kabel jaringan. Sedangkan DVR menjadi perangkat untuk pengubah dan prosesor video analog yang berasal dari CCTV Camera, lalu mengubahnya ke dalam bentuk digital sebelum disimpan. DVR terhubung dengan CCTV Camera melalui coaxial cable. Ada pula perangkat NVR Hybrid System yang menggabungkan fungsi DVR dan NVR.

Ada berapa macam lensa CCTV?
Kita mengenal Fixed Lens dengan beragam ukuran yang bisa anda pilih sesuai area pantau. Lalu ada Varifocal dan Motorized Varifocal yang dinamis, agar fokus lensa bisa diubah. Selain itu ada juga PTZ (Pan Tilt Zoom) Camera yang dapat bergerak ke segala arah, dikontrol secara manual oleh operator atau di set otomatis oleh sistem, bahkan memiliki fitur auto-tracking yang secara pintar mengikuti obyek pantau.

Kabel apa yang digunakan untuk instalasi?
Analog Camera memakai Coaxial, Network atau IP Camera memakai kabel UTP / Ethernet. Pada kondisi tertentu, kombinasi kabel bisa saja digunakan, bahkan Fiber Optik, khususnya untuk desain topologi dan area luas yang kompleks. Kini ada juga HDCVI sistem Analog Camera kualitas megapixel, jangkauan signalnya lebih jauh dengan kabel Coaxial.

Berapa saluran/channel maksimal CCTV System?
Konsumen umum mengenal DVR dengan konfigurasi 4, 8, 16 dan 32 channel. Namun CCTV atau Surveillance System yang kompleks bisa mengakomodir ratusan channel, biasanya sudah ditopang oleh sebuah server sebagai Central Monitoring System (CMS) atau Video Management System.
 


Back To Top


FAQ Email Marketing

Bagaimana membangun Contact List untuk program email marketing?
Mulai saja dulu dengan daftar kontak bisnis Anda. Biasanya tiap departemen marketing atau humas memiliki daftar kontak yang terus bertambah. Bisa juga menambah jumlah daftar kontak melalui menu pada website anda untuk Join Member atau Sign Up Free Newsletter. Tawarkan sesuatu yang bernilai bagi pengunjung dan pelanggan Anda, seperti tips, merchandise, hadiah atau diskon agar menarik.

Bagaimana jika memiliki database Contact List yang berjumlah puluhan ribu?
Tentu lebih baik. Anda dapat mengimpor data ke aplikasi email marketing. Data yang sama akan otomatis tersaring dan data yang tidak valid akan terhapus. Tentu lebih baik memiliki 5 ribu member valid dibanding 10 ribu yang tidak valid bukan? Kemudian alamat email yang bouncing (mental tidak terkirim) dan unsubscribe (keluar dari member) juga akan tercatat sehingga anda memiliki data yang update dan pengiriman email anda bekerja efektif.

Berapa orang jumlah Contact List yang ideal?
Tidak ada batasan. Semakin banyak yang mengetahui dan merespon artikel dan promo anda tentu semakin baik.

Dapatkah penerima email marketing dibuat dengan target segmen tertentu?
Tentu saja, memang seharusnya begitu. Jika anda sudah memiliki daftar Contact List yang dipisahkan berdasarkan kategori, ini lebih baik. Jika belum, anda dapat membuat Custom Field melalui aplikasi email marketing untuk keperluan ini.

Apakah harus menguasai HTML?
Dengan format HTML, email dapat tampil lebih menarik dengan ukuran file yang ringan, sehingga tidak membebankan penerima. Gambar dan teks pun menjadi link hidup ke website anda. Aplikasi email marketing dapat membuat tampilan HTML yang menarik dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) sehingga mudah dibuat oleh siapapun, tak perlu staf IT. Anda juga bisa menggunakan bahan file teks atau gambar yang biasa, atau bisa juga menggunakan file HTML yang sudah jadi di website atau dari komputer. Jika dibutuhkan, kami juga dapat memberikan jasa khusus pembuatan konten HTML.

Apakah email marketing bekerja otomatis?
Ya, email terkirim otomatis mengikuti daftar Contact List yang telah dimasukkan sebagai database. Email juga dapat dikirim otomatis mengikuti jadwal agenda yang kita tentukan.

Bagaimana mengukur efektivitas email marketing?
Hal ini sangat kompleks dan hasilnya variatif sehingga menjadi bahan penelitian yang terus menerus oleh berbagai instansi di Eropa dan Amerika. Namun seperti halnya media komunikasi dan periklanan yang lain, beberapa faktor yang penting adalah bagaimana anda membuat penerima email mempunyai cukup alasan untuk membukanya, mau membacanya, dan mau meresponnya. Ini juga tergantung dari kualitas isi artikel, nilai dan manfaat yang ditawarkan serta segmentasi dan personalisasi data contact list.

Adakah data riset tentang email marketing?
Untuk gambaran data kuantitatif, riset tahun 2010 terhadap beragam sektor industri dengan jumlah pengiriman 570 juta email, menghasilkan data sebagai berikut. Rasio email yang dibuka berkisar 13% sampai 28%. Jika kita asumsikan 13% dari 1000 email yang terkirim, maka 130 orang membuka email dan membacanya. Biaya 1000 email paling mahal adalah Rp.100 ribu, masih jauh lebih murah dibandingkan biaya membuat 1000 brosur atau 1000 panggilan telepon. Kemudian lebih jauh lagi, data rasio link email anda di klik 2% sampai 11%. Data lainnya milik Epsilon (awal 2011), menghasilkan data rasio email dibuka 23,3% (rata-rata dari beragam sektor industri) dan rasio link email di klik sebesar 5,9%.

Apa fitur yang ada dalam aplikasi email marketing?
Secara garis besar, menu yang ada terdiri dari menu untuk mengelola database / contact list, membuat bahan email marketing (Text & HTML Editor), menu Custom Field dan menu laporan pengiriman email. Silakan baca artikel kami Panduan Email Marketing Solusitek.

Bagaimana membuat materi / konten email marketing yang baik?
Silakan baca artikel kami 10 Persiapan Email Marketing. Selain itu, terdapat banyak artikel tips Email Marketing pada website kami, dan ada manual teks/panduan penggunaan aplikasi bagi pelanggan kami.



Back To Top


FAQ VoIP IP PBX

Bagaimana cara kerja VoIP?
VoIP (Voice over Internet Protocol) menggunakan koneksi internet untuk mengirim suara / panggilan telepon.

Apa itu IP-PBX?
IP-PBX adalah PBX (Private Branch Exchange) yang sama halnya dengan sistem telepon atau PBX konvensional namun bekerja melalui IP (VoIP). Telepon atau user biasanya menggunakan koneksi TCP-IP / Ethernet via router dan server seperti menghubungkan PC dalam jaringan / LAN. Dengan perkembangan teknologi jaringan, skala interkoneksi bisa beragam dan dikembangkan.

Apa kelebihan konfigurasi VoIP IP PBX?
Konfigurasi sistem mendukung interkoneksi untuk pengguna seperti melakukan panggilan PSTN, GSM, CDMA atau ekstensi IP lainnya, melalui IP Phone, software telepon (Soft Phone) atau telepon konvensional yang terhubung melalui Analog Telephone Adapter (ATA).

Apa itu SIP Phone dan hubungannya dengan IP PBX?
SIP (Session Initiation Protocol) Phone adalah User / Client Phone. Bentuknya bisa berupa VoIP Phone yang saat ini harganya sudah terjangkau. Namun, dengan menginstall software tertentu, anda juga bisa menggunakan Soft Phone, yakni mengubah PC dan gadget sebagai SIP Phone. Bahkan telepon analog dapat disertakan dalam jaringan IP PBX dengan menggunakan ATA (Analog Telephone Adapter).

Bagaimana koneksi / bandwidth VoiP IP-PBX?
Beban bandwidth satu line maksimalnya 100kbps, atau 10 mbps sudah aman untuk lalu lintas 100 line telepon simultan. Jika menggunakan codec untuk kompresi data, beban line akan jauh lebih kecil.

Apakah semua panggilan dilakukan melalui software?
Panggilan dapat di lakukan baik melalui Softphone, CTI (integrasi antara hardware dan software), FXS Gateway maupun IP Phone.

Apa yang dimaksud dari Remote dalam arsitektur sistem IP PBX?
Jika di HO mempunyai IP Public, anda dapat memasang IP Phone dan softphone di luar kantor sehingga tetap dapat berkomunikasi via internet (remote)

Apa itu Codec VoiP IP-PBX?
Codec pada dasarnya adalah program yang mengubah (encoding/decoding) aliran data digital atau sinyal untuk tujuan pengiriman atau kompresi. Dalam konteks VoIP, International Telecommunication Union (ITU) mengeluarkan standar ITU-T untuk telekomunikasi seperti codec G.711 – 64 Kbps, G.722 – 48/56/64 Kbps, G.723 – 24/40 Kbps, G.726 – 16/24/32/40 Kbps, G.728 – 16 Kbps, G.729 – 8 Kbps. Ada juga Codec lainnya seperti GSM, Speex, iLBC dan Codec untuk Video Telephony seperti H.264 dan VP8.

Apa ada keterbatasan Codec / Kompresi VoiP IP-PBX?
Hampir semua teknik kompresi akan mengorbankan kualitas, tinggal sejauh mana dapat ditoleransi. Beberapa metode kompresi mungkin tidak mendukung DTMF (Dual Tone Multi Frequency), Transmisi Fax, HD Audio, Musik On Hold. Solusinya bisa pada saat pemilihan perangkat, layanan provider, atau setting / konfigurasi tertentu.

Apa keuntungan dari VoiP IP-PBX?
VoIP memberi keuntungan pada biaya telepon, biaya kabel dan perawatan, variasi perangkat, portabilitas (mobile) serta fitur tambahan seperti Call Waiting, Call Forwarding, Voice Mail, Fax to Email, Interactive Voice Response, Conference Call/Video, Data Logging, dll. Dengan beralih ke sistem jaringan IP, anda siap mengembangkan skala jaringan dan sistem komunikasi terpadu seperti integrasi dengan program CRM, Microsoft Dynamic, Exchange dan Outlook.

Apa yang dimaksud dengan Hosted PBX?
Sebuah Hosted PBX atau Virtual VoIP PBX Telephone System adalah opsi telepon VoIP dimana perangkat PBX berada di pihak provider, dan anda hanya berurusan dengan koneksi Internet. Hosted PBX dapat menghemat biaya investasi awal hardware/software secara signifikan.

Bagaimana dengan daya listrik jaringan VoIP IP-PBX?
Perangkat untuk VoIP IP-PBX sama seperti jaringan. Gateway, IP Phone, Router dan Modem internet butuh daya listrik. Agar tidak terganggu saat telepon aktif, anda perlu back up UPS sebagai tenaga, sementara anda dapat mengaktifkan generator sebagai sumber listrik.

Apakah Sistem Operasi (OS) IP PBX?
Beragam, misalnya 3CX menggunakan Windows dan berbasis software, sedangkan beberapa sistem IP PBX lainnya menggunakan Asterisk yang berbasis Linux, NetBSD, OpenBSD, FreeBSD, Mac OS X, dan Solaris.

Bagaimana skema VoIP IP PBX bekerja?
Sistem VoIP IP PBX terdiri dari satu atau lebih SIP Phone, Server IP PBX dan VoIP Gateway. SIP Phone didaftarkan dan memerintahkan server IP PBX untuk membuat panggilan atau sambungan telepon baik keluar maupun internal.

Bagaimana spesifikasi Router VoIP Phone?
Sebagai sebuah sistem jaringan, IP PBX mengenal juga perangkat Router atau Gateway. Jika perangkat IP PBX tidak memiliki saluran internet khusus, direkomendasikan untuk menggunakan router yang memiliki fitur QoS (Quality of Service) untuk mengatur / memisahkan data untuk suara telepon dengan data internet lainnya dalam sistem jaringan. Hitung jumlah lalu lintas data dari seluruh perangkat telepon IP, berapa besar data yang akan diprioritaskan untuk telepon IP. Perhatikan berapa port FXO/FSX yang anda butuhkan terkait jumlah line PSTN yang tersedia dan berapa jumlah user/ekstensi, serta fitur T.38 untuk Fax Server.

Back To Top


FAQ GPS Tracker

Apakah GPS Tracker System itu?
GPS Tracker System adalah sebuah sistem alat navigasi dengan memanfaatkan jaringan GPS dan GSM/ GPRS lalu dikomputerisasi untuk memantau dan melacak kendaraan baik secara offline dan online (real time).

Apa perbedaan Offline dan Online untuk pelacakan kendaraan?
Metode offline dengan menggunakan SMS atau Missed Call untuk pelacakan dan pengendalian obyek. Sedangkan metode online menggunakan jaringan GPRS dan dapat dipantau langsung melalui Web based server / Internet.

Apa keuntungan dan kerugian menggunakan Offline maupun Online?
Jika Anda menggunakan Online Sistem maka Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan, melihat, mengelolah dari semua kendaraan. Anda dapat melihat data perjalanan, status historis obyek sampai 3 bulan sebelumnya. Sedangkan jika memakai Offline (SMS) maka Anda hanya dapat melihat posisi dan status kendaraan pada saat diminta saja (by request).

Apakah kedua metode tersebut dapat berjalan bersamaan?
Kedua metode Offline maupun Online dapat bekerja secara bersamaan. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan.

Bisa digunakan dengan operator seluler apa saja?
Operator GSM dengan frequensi 850/900/1800/1900 asal mempunyai jaringan yang luas.

Bagaimana kalau melewati tempat yang tidak ada signal GPS dan GSM nya?
Kalau melewati tempat lost signal GPS maka posisi yang dilaporkan adalah posisi terakhir dimana masih ada signal GPS. Kalau melewati tempat yang lost signal GSM, maka data posisi direkam dalam memory internal, yang nantinya dapat didownload ke komputer.

Bagaimana jika alat pelacak disabotase/dirusak?
Alat pelacak akan mengirimkan SMS “POWER OFF” dan titik koordinatnya ke ponsel Anda dan Alat masih bisa difungsikan selama 1-2 hari.Jadi Anda dapat secara langsung menindaklanjuti ketika kendaraan Anda disabotase tanpa ijin dari Anda.

Bagaimana dengan masa garansi?
Garansi yang diberikan selama 12 bulan sejak pemasangan. Kami akan segera mengganti secepatnya jika terdapat alat yang rusak karena kesalahan pabrik.

Sulitkah pemasangan alat di mobil ?
Tidak. Anda hanya perlu menyambungkan kabel power supply dari aki mobil ke alat. Perhatikan letak antena GPS agar tidak terhalang oleh metal, supaya antena dapat menerima sinyal GPS dengan sempurna. Pemasangan antena GSM dapat dilakukan dimana saja asalkan masih dapat menerima sinyal GSM dengan baik.

Bagaimana alat GPS Tracker bisa mematikan mesin kendaraan?
Jika ingin memanfaatkan fitur engine-cut (mematikan mobil) dari SMS, maka anda perlu menyambungkan relay dengan power supply mobil.

Back To Top



Cari topik yang diinginkan

solusitekERP