Faktor Penting Memilih Solusi Keamanan Terintegrasi

Solusi keamanan yang terintegrasi harus mencakup pengawasan video camera dan sistem keamanan lainnya seperti intrusion alarm dan access control di dalam satu platform. Sistem keamanan terintegrasi akan semakin diminati karena menawarkan fungsionalitas lebih seperti Smart Analytic Surveillance dan user-intuitif. Saat ini, anda mungkin masih mengadaptasi sistem tersebut secara terpisah. Mereka berdiri sendiri dan belum saling terkoneksi dan berpengaruh satu sama lainnya. Meskipun ini pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi tinggi, namun perkembangan teknologi semakin memungkinkan integrasi sistem keamanan untuk diwujudkan oleh konsultan IT atau system integrator. Beberapa faktor penting memilih solusi keamanan terintegrasi adalah sebagai berikut.

integrated_security_system

Integrated Security System


Interoperabilitas. Alangkah beruntung jika anda dapat menggunakan merk yang sama agar terjamin koneksinya. Namun, banyak penyebab yang membuat anda dihadapkan pada situasi harus memilih merk yang berbeda. Dan jika itu yang terjadi, pilihlah produk yang kompatibel dan dapat bekerja dengan baik dengan perangkat merk lain. Hal ini bisa dicapai dengan arsitektur terbuka atau menggunakan standar yang diterapkan bersama oleh para produsen perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya standar Open Network Video Interface (ONVIF) disepakati untuk memastikan interoperabilitas di seluruh perangkat sistem keamanan. Integrasi memerlukan komitmen dan keahlian para sistem integrator perihal standar protokol dari produk Security System agar dapat bekerja dengan baik untuk kebutuhan pelanggan.

Faktor berikutnya adalah kolaborasi. Perlu memeriksa sebuah merk atau produsen yang memiliki riwayat kolaborasi proyek dengan produsen merk lainnya. Sebuah merk yang baik juga biasanya memiliki partner yang terlibat dalam pengembangan sistem dan aplikasi. Periksalah daftar partner di website produk, apakah partner ini memiliki nama besar dan konsisten di industri security system. Ini akan menjamin pilihan anda adalah produk yang tepat, handal dan siap untuk pengembangan nantinya.

Lalu faktor berikutnya adalah dukungan teknis. Ini artinya, sebuah merk global atau produsen dari luar negeri sekalipun akan mendukung dan siap membantu sistem integrator di Indonesia. Dapat dikatakan sistem integrator merupakan ujung tombak para produsen. Dukungan produsen ke mereka akan menentukan produk mana yang akan diterima oleh pasar. Produsen merk harus siap sedia untuk mendukung keperluan instalasi sistem keamanan yang berbeda-beda kasusnya, dalam hal ini biasanya dukungan garansi, dokumen, firmware, dan referensi teknis kepada system integrator agar sukses melaksanakan proyek instalasinya di pelanggan. Produsen dan system integrator harus memastikan bahwa setiap komponen perangkat secara efektif memainkan peran integral terhadap sistem secara keseluruhan.

Faktor yang terakhir yaitu biaya. Sering ada biaya tambahan dari perangkat yang baru diketahui ketika sistem keamanan harus mengalami penambahan, pengembangan, dan perawatan. Pastikan anda memeriksa hal ini ke pihak konsultan atau system integrator agar anda mendapatkan solusi sistem keamanan terintegrasi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.(solusitek)

VoIP Gateway untuk Konektivitas Telepon Analog, Fax dan Seluler

VoIP Gateway adalah perangkat yang mengkonversi lalu lintas telepon ke transmisi IP melalui jaringan data. Metode kerjanya yakni mengkonversi jalur telepon PSTN yang masuk ke VoIP / SIP serta menghubungkan sistem PBX / telepon tradisional ke jaringan IP. Dengan menginstal VoIP Gateway, anda dapat mempertahankan jalur PSTN dan telepon analog yang ada dan menikmati beragam keuntungan.

VoIP Gateway menyediakan konektivitas telepon analog dan seluler. Tipe gateway tersedia dalam beragam konektivitas port, baik itu FXS, FXO, E1 / T1 / PRI, BRI, dan port untuk Seluler seperti GSM / CDMA / UMTS. Produk VoIP Gateway selain menghubungkan sistem telepon IP PBX dengan terminal analog, jalur PSTN, ISDN, dan jaringan selular, juga digunakan untuk menghubungkan sistem telepon IP antara kantor cabang dan kantor pusat.

Yeastar VoIP Gateway

VoIP Gateway Port | www.yeastar.com

Analog VoIP Gateway adalah perangkat untuk mengintegrasikan sistem telepon tradisional ke sistem berbasis IP. Produk ini misalnya adalah FXO Gateway dan FXS Gateway. FXS (Foreign eXchange Subscriber) adalah jalur analog yang terdapat pada dinding, sedangkan FXO (Foreign eXchange Office) adalah port yang menerima saluran analog yang terdapat pada unit telepon atau mesin fax. Yeastar menawarkan FXS Gateway TA400, TA800, TA1600, TA2400, TA3200 untuk 4 hingga 32 port. Sementara Yeastar FXO Gateway tersedia tipe TA410, TA810, dan TA1610 untuk 4 hingga 16 port.

Ada juga produk ISDN VoIP Gateway yang menjadi penghubung antara koneksi telepon ISDN dengan sistem telepon VoIP PBX. ISDN (Integrated Services Digital Network) merupakan generasi lanjutan dari PSTN, dimana terdapat jenis layanan Basic Rate Interface (BRI)dan Primary Rate Interface (PRI). Yeastar VoIP Gateway TE100 dan TE200 memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi koneksi E1 / T1 / PRI ke VoIP PBX. Sedangkan produk Yeastar VoIP Gateway TB200 dan TB400 menawarkan konektivitas BRI ke PBX VoIP Anda. Berikutnya adalah VoIP Gateway yang menyediakan komunikasi dua arah antara GSM / CDMA / UMTS dan jaringan IP PBX VoIP. Yeastar TG100 dan TG200 adalah VoIP Gateway untuk GSM/CDMA/UMTS.

Semua gateway ini dapat digunakan untuk mempertahankan koneksi telepon tradisional ketika mengganti PBX anda dengan sistem telepon VoIP baru, atau untuk menambahkan konektivitas lebih ke sistem yang sudah menggunakan SIP trunking. Instalasi VoIP Gateway untuk konektivitas telepon analog, fax dan seluler telah banyak digunakan dan terbukti efektif memfasilitasi komunikasi para pelaku usaha dengan solusi biaya efisien dan banyaknya fitur yang dapat diandalkan. (solusitek)

Mengaplikasikan POE Pada Instalasi Jaringan Jarak Jauh

Power over Ethernet (PoE) merupakan teknologi yang memungkinkan transfer daya listrik dialirkan sekaligus bersamaan dengan data melalui kabel standar ethernet yakni unshielded twisted pair (UTP). Kabel ini terhubung ke perangkat jaringan melalui port RJ-45. PoE menjadi solusi fleksibel dan nyaman disaat sulit mencari sumber listrik terdekat, sekaligus menghemat biaya kabel dan instalasinya. Instalasi POE mengikuti jarak efektif UTP menurut standar TIA / EIA 568-5-A yakni maksimum 100 meter atau 328 kaki.

Aplikasi POE Device dan Fiber Optic

Aplikasi POE Device dan Fiber Optic


Ada solusi lain yang tersedia untuk memperpanjang jarak jaringan PoE, termasuk Extender LAN yang bekerja dengan mengkonversi kabel Ethernet ke DSL. Extender LAN ini dapat memperpanjang jarak jaringan sekitar 1 kilometer, dengan potensi kekuatan signal turun hingga menjadi 70 persen. Untuk instalasi jarak jauh yang lebih dari itu, kita dapat mengandalkan serat optik atau Fiber Optic, yang mana masih merupakan metode efektif untuk melintasi jarak tanpa penurunan kualitas signal. Jika ingin mengaplikasikan POE pada instalasi jaringan jarak jauh via serat optik, kita harus menggunakan sebuah alat bernama Media Converter, karena daya DC tidak dapat dialirkan melalui serat optik. Konverter ini digunakan untuk mengintegrasikan perangkat atau kabel jaringan tembaga seperti Twisted Pair dengan kabel Fiber Optic.

PoE Media Converter berfungsi seperti PoE Switch, dan tersedia dalam berbagai konfigurasi multi-port yang mendukung Gigabit Ethernet. Melalui POE dapat mengalir daya sebesar 15,4 watt per port (802.3af ) dan 25,5 watt per port (802.3at) atau yang dikenal sebagai PoE+ sehingga bisa digunakan untuk berbagai perangkat seperti VoIP Phone, RFID Reader, Access Point dan IP Camera dengan fitur motorik Pan-Tilt-Zoom (PTZ).

POE melalui jaringan kabel serat juga lebih aman dan tidak menghasilkan emisi elektro-magnetik, tidak rentan terhadap gangguan listrik, gangguan suhu atau kondisi cuaca, dan sangat sulit untuk disadap. Dengan menggunakan konverter fiber optic port tunggal anda bisa menggunakannya untuk skema Point-to-Point dan skema topologi Star. Sedangkan dengan konverter port ganda, anda bisa menggunakannya untuk desain topologi Linear, Ring, dan Redundancy Failover. Artinya, jarak tidak menjadi hambatan dalam instalasi perangkat dan anda dapat mendesain jaringan yang handal dan aman sesuai kebutuhan.(solusitek)

Yealink Memudahkan Anda Menerapkan Teknologi Video Conference

Kebutuhan akan Video Conferencing mengalami peningkatan. Teknologi komunikasi ini dapat mengurangi ongkos perjalanan bagi karyawan, meningkatkan kerja tim dan produktivitas pekerja. Agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik, sebuah platform video conferencing perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting. Diantaranya, anda perlu menyiapkan Public IP Address, lalu Server Firewall Traversal untuk memungkinkan konferensi video dari perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Tanpa server ini konferensi video antara pengguna akhir kemungkinan besar akan gagal. Selain itu, Direktory Server juga penting untuk dipertimbangkan.

Yealink Video Conference

Yealink Video Conference | www.yealink.com

Sistem Video Conference menjadi tantangan besar bagi manajer IT karena sistem ini menuntut sejumlah pekerjaan. Mulai dari konfigurasi jaringan agar siap menangani penyebaran lalu lintas audio video, interoperabilitas, maintenance, hingga enkripsi data untuk keamanan.

Untungnya Yealink memudahkan anda menerapkan teknologi video conference. Selain itu, Video Conference dari Yealink VC Series memiliki performa yang sangat baik dan kaya akan fitur. Tersedia Yealink VC120-12X dan VC120-18X untuk ruang rapat berukuran besar dan Yealink VC110 untuk ruang rapat kecil. Berikut ini adalah kemudahan dan fitur yang diberikan Yealink VC Series.

  • Kolaborasi multi-point. Yealink VC mendukung “8 + 1 + 1″ multi-point, memungkinkan untuk video 8-pihak (dengan lisensi), ditambah satu panggilan audio dan berbagi konten video HD 1080P, dokumen dan banyak lagi.
  • Kualitas video dan audio. Komunikasi tatap muka audio video HD yang realistis bagi peserta di jarak yang jauh dengan performa audio jernih dan daya tangkap suara dari setiap sudut ruang pertemuan.
  • Kerja jaringan stabil dan streaming video lancar dengan fitur kompresi data H.264 High Profile dan adaptif menyesuaikan bandwidth.
  • Instalasi dan operasional mudah. Teknologi Firewall Traversal dari Yealink VC akan mengatasi masalah infrastruktur IT bahkan bagi kantor cabang.
  • Kompatibel dan fleksibel. Basis standar H323 / SIP memiliki kompatibilitas yang luas dan interoperabilitas dengan platform video conferencing lain baik yang berbasis cloud maupun on-premise. Yealink VC Series juga kompatibel dan siap terintegrasi pada Commercial Control System.
  • TCP/IP, RS232 API support, TCP/IP (IPv4/IPv6), DHCP/static IP, HTTP/HTTPS web server, SRTP/TLS, AES encryption, QoS, IEEE802.1X, VLAN.

Nikmati fitur ekstra lainnya bebas biaya. Yealink VC Series tidak mengenakan biaya lisensi tambahan untuk fitur dual-screen, recording, upgrade software atau berbagi konten. Pilihan Yealink VC Series yang tersedia yakni VC110 Video Conferencing Endpoint, VC120-12X Video Conferencing System, VC120-18X Video Conferencing Endpoint, dan VC400 Video Conferencing System.(solusitek)

Menggunakan Produk Yealink Dalam Sistem 3CX

Untuk menggunakan produk Yealink dalam sistem 3CX tidak perlu ragu lagi. Korporasi di Indonesia dapat mengambil manfaat dari produk Yealink dan 3CX yang bermitra erat untuk menciptakan solusi telepon IP (VoIP) dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol sistem dari desktop mereka. Anda sekarang dapat merasakan integrasi desktop CTI (Computer Telephony Integration) tanpa hambatan dengan semua Yealink IP Phone dan 3CX Phone System versi terbaru.

Yealink 3CX Phone System

Yealink 3CX Phone System Solution | www.yealink.com

Kolaborasi Yealink dan 3CX memberi kemudahan (plug and play) saat provisioning, update firmware dan manajemen IP Phone, semua dari dalam Management Console 3CX. Ini artinya interoperabilitas dijamin penuh antara 3CX dan Yealink, sehingga memberikan mitra dan pelanggan ketenangan pikiran. Semua produk baru sepenuhnya telah diuji dan divalidasi oleh 3CX sebelum dirilis.

Yealink, saat ini masuk dalam 5 besar produsen VoIP/SIP Phone di dunia, dengan jangkauan pasar di lebih dari 140 negara. Yealink berkomitmen untuk selalu merancang dan menciptakan produk inovatif, berkualitas tinggi, dan peduli pada lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.yealink.com.

Sedangkan 3CX adalah pengembang 3CX Phone System dan 3CX Mobile Device Manager, sebuah platform terbuka untuk standar komunikasi terpadu yang bekerja pada sistem operasi Windows dan dapat menggunakan produk telepon SIP standar untuk menggantikan produk PBX eksklusif (proprietary) yang mengikat. 3CX dianugerahi CRN Emerging Vendor pada 2011 dan 2012, serta CRN’s 5-Star Partner Program Rating pada tahun 2013. Menerima sertifikasi Windows Server dan memenangkan Windowsnetworking.com Gold Award, Windows IT Pro 2008 Editor’s Best Award dan Best Buy Award dari Computer Shopper.

3CX Phone System lebih mudah dalam pengaturan dan pengelolaan dibanding sistem telepon standar dan memberikan penghematan biaya yang cukup besar sambil meningkatkan produktivitas. Beberapa perusahaan dan organisasi terkemuka di dunia menggunakan sistem telepon 3CX, termasuk Boeing, American Express, F1, MIT, Mitsubishi, Ohio State University dan RE / MAX.

Hubungi kami untuk info dan produk Yealink SIP Phone dan 3CX Phone System. Silakan download brosur yang berisi daftar lengkap fitur, testimonial, dan diagram menjelaskan bagaimana 3CX Phone System bekerja. Cobalah versi gratis dari 3CX Phone System hari ini dan bebaskan diri dari PBX proprietary anda.(solusitek)

Yealink SIP Phone : SIP-T48G, SIP-T46G, SIP-T42G, SIP-T41P, SIP-T38G, SIP-T32G, SIP-T29G, SIP-T28P, SIP-T27P, SIP-T26P, SIP-T23G, SIP-T22P, SIP-T21P, SIP-T20P, SIP-T19P.

 

NetVault Backup Sistem Proteksi Data

Laju perkembangan dan perubahan teknologi begitu cepat tanpa henti. Sulit untuk diprediksi dan tidak ada yang ingin mengganti investasi awal di pusat data. Disinilah mengapa mempertahankan fleksibilitas menjadi sangat penting, agar anda dapat terus memanfaatkan infrastruktur data yang telah ada dengan biaya dan gangguan seminimal mungkin. Sistem proteksi data anda harus memberikan pilihan untuk tetap mendukung apa yang sudah ada, selain memungkinkan anda untuk mengubah dan meningkatkan infrastruktur IT secara dinamis.

NetVault Backup

NetVault Backup available in different configurations


NetVault Backup merupakan sebuah solusi perlindungan data (Data Protection), aplikasi ataupun Critical Environments baik dalam bentuk fisik atau virtual dalam satu konsol utama. NetVault adalah solusi backup recovery yang memiliki fleksibilitas dengan scalable architecture, sehingga solusi ini dapat mengakomodir segala kebutuhan sampai dengan skala besar. Selain itu NetVault Backup sistem proteksi data juga dapat mendukung berbagai macam sistem operasi, aplikasi,dan database. NetVault Backup mendukung sistem operasi Linux, Mac OS X, HP-UX, Windows, FreeBSD, NetWare, Solaris, AIX. Selain itu juga mendukung VMware, Microsoft Hyper-V (Virtualization) lalu Microsoft Exchange Server, Microsoft SharePoint, IBM Lotus Domino Server (Application), lalu Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle, IBM DB2, Informix Dynamic Server, PostgreSQL, SAP, Sybase, Teradata (Database).

Arsitektur dasar dari NetVault adalah client-server, yang meliputi NetVault Backup Server yang berperan sebagai server pusat yang menyediakan job management, media management, device management, client management, reporting, notification serta logging. Terdapat riwayat dari setiap proses backup, yang tersimpan dalam database NetVault, hal ini memudahkan pengguna dalam mengenali setiap object yang mereka ingin pulihkan.

NetVault Client merupakan agent yang berfungsi agar NetVault Backup Server dapat melakukan proses backup dan melakukan proses pemulihan (recovery) data atau aplikasi pada server yang menjadi client. NetVault Backup memiliki konsol yang memungkinkan untuk melakukan administrasi secara terpusat dari NetVault Backup Server ke setiap client atau workstation yang berada dalam jaringan. NetVault Backup mendukung untuk berbagai macam media penyimpanan seperti Network-Attached Storage (NAS), Physical Tape Libraries, Virtual Tape Libraries, Shared Virtual Tape Libraries, NetVault SmartDisk serta solusi dalam bentuk appliances untuk Data Deduplication. NetVault memiliki konsol monitoring yang berbasis web, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan monitoring darimana saja, dan memantau aktifitas setiap device secara real time. (solusitek)



License Plate Recognition Untuk Manajemen Parkir

License Plate Recognition (LPR) adalah sebuah teknologi image-processing yang memanfaatkan kamera dan database, digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan melalui plat nomor. Teknologi ini digunakan untuk tujuan keamanan, ketertiban lalu lintas, dan aplikasi Access Control area parkir kendaraan. GV-LPR dari Geovision bahkan menyediakan kamera khusus LPR yang dapat menangkap nomor plat kendaraan pada kecepatan tinggi, sehingga sangat membantu dalam penegakan hukum dan proses pengusutan tindak kejahatan. Untuk area parkir, solusi ini bermanfaat dalam memberikan keamanan dan jaminan kepada pelanggan dan karyawan serta memudahkan pengelolaan dan efisiensi biaya.

GV-LPR mengaktifkan proses deteksi melalui dua cara. Cara pertama adalah dengan deteksi gerakan, yaitu mendeteksi kendaraan yang melintasi zona kamera dan illuminator. Cara kedua adalah dengan aktivasi I/O (Input/Output), yang segera memicu sistem lalu merekam. Sistem kamera nantinya dapat dengan mudah dipantau lewat modus tampilan Overview dan Picture-in-Picture.

GV-LPR License Plate Recognition

Parking Management & Analysis GV-LPR


Sistem GV-LPR melalui perangkat DSP atau DVR mengenali nomor plat dari video kamera, dan mengirimkan hasilnya ke software GV-ASManager. Akses pintu dapat otomatis diberikan kepada nomor plat yang terdaftar dalam database GV-ASManager ini. Solusi otomatis ini efektif menghemat biaya di banyak gedung seperti perkantoran, penyewaan parkir dan apartemen.

Fungsi database GV-LPR merupakan sistem yang ideal untuk manajemen parkir. Sebagai contoh, manajemen parkir dapat memanfaatkan fungsi database GV-LPR untuk menganalisa tingkat pemanfaatan ruang, menghitung jumlah kendaraan, frekuensi parkir bulanan, atau rata-rata waktu parkir selama masa liburan, hari kerja, di siang hari atau malam hari.

Dengan integrasi sistem POS, GV-LPR akan mengasosiasikan video dengan data kendaraan berupa nomor plat, waktu masuk/keluar, biaya parkir, dan merekam wajah pengemudi dan jenis kendaraannya. Sistem ini sangat membantu untuk mengatasi penipuan tiket, proses penyelidikan dan pengusutan setiap insiden.

GV-LPR menyediakan beberapa Input-Output untuk koneksi ke perangkat eksternal seperti Gate Controller, Loop Detector, atau sistem TITO (Ticket In Ticket Out), serta integrasi ke DVR GV-Series. License Plate Recognition untuk manajemen parkir akan memberi kemudahan dan fleksibilitas sesuai dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan parkir. Contohnya, ketika sistem TITO digunakan dan kamera CCTV dipasang pada tiap area dan lantai parkir, GV-LPR dapat membantu pengemudi menemukan dan mengingat di mana ia memarkir mobilnya melalui tiket yang tercetak.(solusitek)



Sistem Telepon Berbasis Desktop Software (Softphone)

Mulai dari perusahaan kecil atau perusahaan global, anda dapat memperoleh manfaat paling optimal dari sistem telepon anda, bahkan cukup dengan software dan menggunakan headset. Sistem telepon berbasis desktop software (softphone) juga kompatibel terhadap perangkat mobile. Ini akan memberikan banyak manfaat baru bagi perusahaan atau organisasi anda dan sekaligus hemat biaya perangkat, operasional (listrik dan pulsa), perawatan dan pengembangan sistem. MyPBX dan 3CX adalah contoh solusi handal dan populer dalam hal ini.

Manfaat pertama adalah kolaborasi. Artinya, anda mudah untuk mengintegrasikan fitur komunikasi terpadu untuk mendukung kolaborasi bisnis dengan rekan kerja dimanapun, bahkan dari rumah ke rekan kerja di kantor pusat, di kantor cabang, dalam dan luar negeri. Fitur komunikasi terpadu (Unified Communications) seperti Video/Web Conference, Fax, Voicemail to Email dan Instant Messaging.

Sistem MyPBX

MyPBX Phone Systems


Manfaat berikutnya adalah mobilitas dan kemampuan untuk multitasking. Dengan aplikasi telepon yang menggunakan komputer sebagai alat kendali utama, mobilitas kerja jadi memungkinkan. Karyawan tidak lagi terpaku pada meja kerjanya di kantor. Tersedia aplikasi yang bisa di download ke laptop dan smartphone (Android dan iOS) selaku mobile-client untuk mendapatkan fitur canggih yang sama dengan menu desktop komputer di meja kerja. Karyawan dapat menjawab panggilan yang diarahkan ke telepon meja mereka dimanapun lewat platform perangkat mobile. Menggunakan softphone juga membebaskan tangan anda, sangat sesuai dengan karakteristik kerja pada divisi layanan pelanggan. Ruang meja karyawan menjadi lebih lega serta memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas manual lainnya.

Jika tiba pada waktunya bisnis anda berkembang dan membuka kantor cabang, sistem telepon anda dapat di upgrade secara fleksibel dan memberikan biaya koneksi internal yang hemat antara kantor pusat dan cabang. Anda dapat dengan mudah menambah jumlah ekstensi dan memindahkan lokasi. Sistem telepon anda mudah diatur melalui web browser menggunakan antarmuka yang user-friendly, untuk mengatur sistem keamanan, menambahkan pengguna, dan melakukan konfigurasi lainnya.(solusitek)



Cari topik yang diinginkan

solusitekERP